Mengenal Jenis Gambar (Perbedaan
Bitmap dan Vektor)
1. Pengertian Grafis Vektor dan
Bitmap
Pengertian Grafis Vektor
Grafis vektor adalah objek gambar
yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan
rumusan matematika tertentu.
Pengertian Grafis Bitmap
Grafis Bitmap adalah objek gambar
yang dibentuk berdasarkan titik-titik dan kombinasi warna.
2. Kelebihan dan kekurangan
grafis vektor dan bitmap
Kelebihan Grafis Vektor :
·
Ruang penyimpanan untuk objek gambar
lebih efisien
·
Objek gambar vektor dapat diubah
ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya,jadi biarpun gambar
tersebut dikecilkan sekecil-kecilnya sampe melebihi batas namun tetap saja
gambar tersebut tidak pecah.dan mau dibesarkan kembali sampe maksimal juga
tidak akan pecah gambarnya
·
Dapat dicetak pada resolusi tertingi
printer Anda
·
Menggambar dan menyunting bentuk
vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan
·
Seberapa besar gambar itu namun
tidak mempengaruhi kapasitas tetap renda dan tidak terlalu memakan size
dihardisk kita.
Kekurangan Grafis Vektor :
- Tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima
ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap.
Kelebihan Grafis Bitmap:
- Dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat
membuat objek tampil sesuai keinginan.
- Dapat menghasilkan objek gambar bitmap darionjek
gambar vektor dengan cara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun dapat
ditentukan
Kelemahan Grafis Bitmap :
·
Objek gambar tersebut memiliki
permasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar
akan pecah dan klo dikecilkan tidak akan kelihatan
·
Efek yang diidapat dari objek
berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak
pada resolusi yang lebih rendah
·
Ruang penyimpanan terlalu besar.
Semakin besar gambar tersebut semakin besar pula memakan kapasitas hardisk kita
3. Mengetahui aplikasi
pengolahan untuk membuat grafis vektor.
Program yang termasuk dalam kelompok
ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga
sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan
berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung.
Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah :
1. Adobe
Illustrator
2. Beneba
Canvas
3. CorelDraw
4. Macromedia
Freehand
5. Metacreations
Expression
6. Micrografx
Designer
4. Mengetahui aplikasi pengolahan
untuk membuat grafis bitmap.
Program yang termasuk dalam kelompok
ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo
retouching). Semu objek yang diolah dalam program-program tersebut dianggap
sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu,
misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang
memiliki kerapatan dan warna tertentu.
Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik. Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik. Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
1. Adobe
Photoshop
2. Corel
Photo Paint
3. Macromedia
Xres
4. Metacreations
Painter
5. Metacreations
Live Picture
6. Micrografx
Picture Publisher
7. Microsoft
Photo Editor
8. QFX
9. Wright
Image
10. Pixelmator
11. Manga studio
12. Gimp
Jenis Gambar Bitmap
1. Line-art
Merupakan gambar yang hanya terdiri dari dua warna, biasanya hitam dan putih. Biasanya gambar jenis ini dijadikan gambar bitmap karena komputer hanya menggunakan 1 bit (warna hitam yang membentuk gambar, warna putih sebagai latar) untuk mendefinisikan masing-masing pixel-nya.
Merupakan gambar yang hanya terdiri dari dua warna, biasanya hitam dan putih. Biasanya gambar jenis ini dijadikan gambar bitmap karena komputer hanya menggunakan 1 bit (warna hitam yang membentuk gambar, warna putih sebagai latar) untuk mendefinisikan masing-masing pixel-nya.
2. Grayscale Images
Yang terdiri dari bermacam warna abu-abu dalam menghasilkan warna hitam dan putih.
Yang terdiri dari bermacam warna abu-abu dalam menghasilkan warna hitam dan putih.
3. Multitones
Terdiri dari dua warna atau lebih.
Gambar multitones yang biasa digunakan adalah duotones, yang biasanya terdiri
dari paduan warna hitam dengan warna khusus (Pantone colour). Warna yang
digunakan pada gambar di atas adalah paduan dari warna hitam dengan Pantone
Warm Red.
4. Full Colour Images
Merupakan gambar yang memiliki warna
yang tampak realistis. Informasi warna dijelaskan menggunakan jenis-jenis
standar warna seperti RGB, CMYK atau Lab.
dikutip dari : http://icity.indosat.com/t5/Forum-Lounge/Mengenal-Jenis-Gambar-Perbedaan-Bitmap-dan-Vektor/td-p/11434
Tidak ada komentar:
Posting Komentar