Minggu, 09 Juni 2013

Fungsi IF dalam Microsoft Excel

1. IF Tunggal

Fungsi logika IF yang hanya memiliki satu kondisi / syarat, sehingga dipastikan memiliki dua hasil yang akan ditampilkan yaitu hasil yang sesuai syarat (kondisi) atau hasil yang tidak sesuai syarat (kondisi) akibat dari satu kondisi / syarat tersebut, sehingga hanya membutuhkan satu IF (Tunggal)


Contoh :

Dalam pelajaran TIK, Jika Nilai TIK kalian kurang dari 75 maka harus remidi dan jika mendapatkan nilai 75, 76 ke atas berarti kalian lulus.




Berarti, jika isi sel B3 (nilai) < 75 (kondisi) maka Remidi (Hasil sesuai kondisi) dan jika isi sel B3 (nilai) >= 75 (selain < 75) maka Lulus (Hasil tidak sesuai kondisi).

Jawab :

2. IF Bertingkat

Fungsi IF sendiri pada Excel merupakan fungsi dasar yang sering digunakan untuk mengolah suatu nilai data tertentu demi mendapatkan kriteria yang sesuai dengan nilai range atau nilai batas pemilihannya.

Fungsi ini sering disebut juga sebagai fungsi untuk pengambilan keputusan, dimana kita menetapkan rule / aturan dalam menentukan nilai yang berbeda, sehingga nilai tersebut akan dikelompokkan sesuai dengan batasan yang telah ditentukan.
Rumus:

Ditentukan nilai TIK,

< 50 adalah Gagal, >= 50 sampai < 75 adalah Remidi, >= 75 adalah Lulus 

Artinya, nilai / hasil ada tiga yaitu, gagal, remidi dan lulus (jumlah IF ada dua, tanda kurung tutup terakhir ada dua). Kondisi / syaratnya cukup dua yaitu < 50 (hasilnya gagal) dan >= 75 (hasilnya lulus), selain dua kondisi / syarat tersebut (tidak memenuhi syarat semuanya) hasilnya ditempatkan pada nilai salah (remidi).
  


3. Fungsi IF AND

Rumus :
=IF(AND(EKSPRESI LOGIKA 1,EKSPRESI LOGIKA 2),NILAI BENAR 1,IF(AND(EKSPRESI LOGIKA 3,EKSPRESI LOGIKA 4),NILAI BENAR 2, NILAI SALAH))



Dari tabel tersebut menunjukan bahwa syarat kelulusan murid adalah jika nilai murid >=50 dan <=100 dan murid tersebut “Tidak Nakal”. Sehingga kita dapat menggunakan fungsi IF dan fungsi And untuk mengisi keterangan :


E4=IF(AND(C4>=50;C4<=100;D4=”Tidak Nakal”);”Lulus”;”Tidak Lulus”)

Selanjutnya kita hanya perlu mengcopy rumus fungsi yang ada pada sel E4 untuk mengisi sel E5 s/d E7. Dengan cara klik pada sel yang sudah terdapat rumus kemudian arahkan pada ujung sebelah kanan bawah kursor mouse, klik dan tahan sambil mengerakkan mouse ke sel E5 s/d E7.


4. Fungsi OR

Fungsi IF (OR)   digunakan jika kita menginginkan salah satu dari beberapa syarat terpenuhi agar logika bernilai benar. Contoh:
Dalam rangka hari ibu nasional, maka tiket kereta api akan memberikan diskon kepada penumpang
a. Jika jenis kelamin wanita atau anak-anak umur <=10 tahun, diskon tiket 40%
b. Selain di atas diskon 10%.

Untuk membuat formulanya di excel 2003, lakukan prosedur berikut:

1. Buat tabel seperti di bawah ini

2. Ketik formula
a. Di sel F4
    =IF(OR(C4="W",D4<=10),E4*0.4,E4*0.1)
b. Di sel G4
    =E4-F4
Copy formula hingga baris 9
Hasilnya seperti di bawah ini :
Add caption

Di kutip dari : 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar